LELANGAN BONDO DESO TAHUN 2024

  • Mar 10, 2024
  • by Eko Saputro

Kegiatan Lelang Tanah Kas Desa merupakan kegiatan untuk menentukan pemegang hak sewa tanah sawah yang dimiliki oleh pemerintah desa. Meskipun kegiatan dinamakan lelang, tapi dalam pelaksanaannya cara penentuan pemegang hak sewa tidak ditentukan berdasarkan harga tertinggi sebagaimana sistem lelang pada umumnya. Namun karena sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, maka penyebutannya menjadi lelang tanah kas desa (bondo deso).
 

Kepala Desa Cangkring Rembang mengatakan,  Lelang “Bondo Deso” merupakan lelang tanah sawah milik desa yang akan dikerjakan kegunaannya oleh warga desa dan hasil lelang digunakan untuk kegiatan penyokong Bidang Pemerintahan, pembangunan, Pemberdayaan, Pembinaan Masyarakat dan kepentingan desa, tegasnya.
Kegiatan Lelangan Bondo Deso akan dilaksanakan pada hari Sabtu Pahing tanggal 16 Maret 2024 Jam. 08.00 Wib di Aula Balai Desa dalam suasana bulan Puasa Suci Ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari sumber dana asli pendapatan desa secara transparan yang dihadiri oleh seluruh masyarakat desa
Setelah mengikuti kegiatan ini peserta menjadi tahu bahwa lelangan tanah bondo desa itu bertujuan utk membangun desa dan utk menyejahterakan masyarakat desa.