PELATIHAN LAS BERBASIS KOMPETENSI

  • Jul 16, 2024
  • Eko Saputro

Cangkringrembang – PEMDES Cangkringrembang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Demak baru saja membuka kegiatan pelatihan Las berbasis Kompetensi, Senin (15/07/2024) di Aula Balai Desa Cangkringrembang. Kegiatan selama 20 hari ini diikuti pendaftar 16 pemuda terpilih dari Desa Cangkringrembang dan sekitarnya.

Kepala Desa Cangkringrembang Ibu Asrofah mengatakan, pelatihan ini menjadi bukti kepedulian Pemerintah Desa pada pemberdayaan pemuda untuk memiliki keterampilan memasuki industri besar dan mengurangi kemiskinan extrem salah satunya adalah pengangguran.

Ibu Kepala Desa berharap, bekal keterampilan las yang sudah dimiliki para peserta menjadi sarana pembuka jalan masa depan yang lebih baik.

“Level 6G adalah yang tertinggi di bidang las litrik dan ini bisa diperoleh para peserta secara gratis. Meski demikian pesan saya, para pemuda jangan langsung berpuas diri, terus tingkatkan skill karena ilmu las itu sangat luas dan pasti dibutuhkan,” imbuhnya.

PU Kabag Perekonomian dan SDA, Bapak Arif yang hadir pada pembukaan pelatihan mengapresiasi program pelatihan Las berbasis kompetensi ini.

“Program ini sangat produktif untuk memberdayakan pemuda-pemuda di desa paska banjir dan secara otomatis mengentaskan angka pengangguran. Semoga bisa terus berkelanjutan,” katanya.

Salah satu peserta pelatihan, Ali Murtadlo menyatakan kepuasannya bisa mengikuti pelatihan ini.

“Senang ini bisa menjadi keterampilan baru untuk memasuki dunia kerja. Pasca pelatihan, kami juga terus difasilitasi oleh pihak BLK sampai bisa masuk ke industri-industri besar,” ucapnya.

UPTD Balai Latihan Kerja dinas tenaga kerja dan perindustrian kabupaten demak bapak Hilal, biaya kegiatan ini bersumber dari Dana Bagis Hasil Cukai dan Tembakau DBHCT yang dimana peserta secara gratis mengikuti pelatihan ini dan mendapatkan beberapa fasilitas seperti: Seragam Pelatihan BLK, Tas, ATK dan Kaos Pelatihan.
Sementara itu kegiatan ini juga didampingi para Mahasiswa Mahasiswi KKN Unnes Semarang dalam Giat 9.